Senin, 06 Agustus 2018

Nasi Kotak vs Quality Control

Bagi sebagian orang mungkin gak terpikir bahwa proses distribusi kotak makan 4500 peserta mahasiswa baru di ITB harus melalui serangkaian proses.... Yup, quality control. Proses ini pun cukup ketat, dimulai jam 9.00 kotak makan harus sudah siap karna selain akan di cek kualitasnya juga akan diatur di meja sesuai dengan fakuktas/sekolah masing-masing.

Lalu, apa saja yg di periksa... Oke, pertama adalah kesesuaian menu dengan yg disepakati. Jumlah kalori dan berat gram masing-masing menunya. Misalnya untuk nasi beratnya 250gr. Harus segitu... Biasanya pihak penyedia akan memberikan sampel makanan, tapi dari petugas Quality Control akan langsung memeriksa dari kotak makannya. Siapa yg mau beresiko untuk 4500 nasi kotak... Kalau ada yg basi gimana? Kalo sampai keracunan gimana?
Saya beruntung sempat berbincang dengan Bu Pingkan Aditiawati beliau bertugas untuk quality control. Dari beliaulah saya tahu beberapa hal penting ini.
Meja pengambilan kotak nasi untuk FTTM, isi kotak nasi, dan proses quality control
Oke, semua menu2 tadi dikemas dalam plastik atau kemasan tertentu. Hal itu dilakukan agar jika salah satu menu basi maka tidak mempengauhi lainnya dan bisa langsung dibuang. Dari cerita Bu Pinkan pernah terjadi saat PPMB membuang 800 bungkus telur karena dinyatakan basi. Wow.... Dan pihak catering harus menggantinya dengan menu serupa. Untuk catering ini sendiri dipilih berdasarkan tender. Kemudian ditetapkan beberapa catering (kurang lebih 4), untuk menghandle 4500 kotak makan.
Proses quality control dengan langsung membuka dan mencicipi makanan yg ada di dalam kotak. Yg jilbab pink itu bu Pingkan.
Jam menunjukkan pukul 10.46, meja2 panjang yang tersusun di luar ruangan sudah rapi dengan tumpukan kotak nasi yg di sampingnya terdapat papan penunjuk nama fakultas/sekolah yg di sudutnya tertulis jumlah kotak yg harus disediakan.

Selamat menikmati makan siang adik2 mahasiswa baru ITB...
Selamat menikmati hidangan makan siang adik2 maba... 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar