Kamis, 20 September 2018

Alun Alun Cicendo Bandung

Bandung 25 Agustus 2018, saya berkunjung ke Alun-alun Cicendo bersama beberapa teman magang dosen ITB sepulang dari melihat Ferstival Dirgantara Indonesia (FDI). Berawal dari kami yang belum punya tujuan seusai melihat FDI,  akhirnya searching di google dan nemu tempat yang menurut kami menarik dan lokasinya tidak jauh dari PTDI. yaaa... tempat itu, Alun-alun Cicendo.
Alun-alun ini berlokasi di wilayah segi tiga Jalan Komodor Udara Supadio-Jatayu-Aruna. Di sekitar alun-alun ini juga merupakan area perdagangan yang sebagian besar adalah pengrajin besi. Sehingga tak heran jika alun-alun Cicendo ini 70% material utamanya adalah besi
Kesan pertama yang saya rasakan saat melihat alun-alun ini adalah salut dengan penggunaan material lempengan besi berkarat sebagai komponen utama selubung bangunan. Awalnya ada rasa takut saat bersentuhan dengan lempengan besi berkarat, tapi setelah membaca beberapa artikel tentang alun-alun Cicendo cukup mendapat informasi bahwa lempengan besi berkarat tersebut aman karena sudah melalui threatment coating.
”Di bidang-bidang itu, kami menggunakan pelat besi berkarat. Material utamanya memang lempeng besi yang sudah berkarat, ta­pi sama sekali tidak berbahaya karena kami sudah melapisinya de­ngan coating sehingga menghentikan proses korosi,” ucap arsitek senior SHAU, Rizki Supratman. (www.pikiran-rakyat.com)
 yang agak mem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar