Minggu, 09 Januari 2011

Sunday Morning in Jogja

Minggu pagi memang waktu yang sangat pas untuk memanjakan diri lepas dari rutinitas sibuknya hari kerja. Jogging atau jalan-jalan pagi mungkin adalah salah satu aktivitas yang cukup menyenangkan untuk dilakukan. Bagi teman-teman yang berdomosili di Jogja, saya rekomendasikan seputaran kawasan kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai tujuan jalan-jalan pagi. Bukan karena saat ini saya adalah mahasiswa UGM, tapi memang ‘Sunday Morning’ di UGM akan memberikan pengalaman tersendiri.

Beberapa aktivitas yang bisa teman-teman lakukan dan dapatkan diantaranya:
Jogging, lari-lari kecil di seputaran lapangan Gedung Graha Sabha Pramana UGM. Sangat menyenangkan olah raga pagi ataupun sekedar jalan-jalan berkeliling melihat hiruk pikuk aktivitas pagi di sini. Ada yang bermain bulu tangkis, ada yang lari-lari pagi, ada yang bersepeda, ada yang sepak bola di lapangan depan gedung, dan ada juga yang mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan keliling gedung Graha Sabha.
Belanja menjadi aktivitas pilihan para gadis remaja, mahasiswa, bahkan ibu-ibu yang ingin membeli aneka kebutuhan. Mulai dari pakaian, pernak pernik, perkakas rumah, mainan untuk anak, dan aneka barang yang memang beragam tersaji di pasar ‘Sunday Morning’ UGM yang hanya ada saat hari Minggu pagi. Keaneka ragaman barang yang dijual memang menjadi daya tarik bagi pengunjung, terlebih ketika kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan dengan harga miring. Di pasar Sunday Morning ini, kita juga bisa menawar harga untuk mendapatkan barang yang kita ingin beli. Tapi ingat, untuk pasar Sunday Morning ini buka mulai pagi sampai jam 12 saja, dan biasanya mencapai kepadatan sekitar jam 10 pagi. Sehingga jika teman-teman ingin leluasa untuk menikmati berbelanja di Sunday Morning, datang pagi menjadi solusi yang tepat.
Sarapan pagi, bisa menjadi aktivitas pilihan setelah lelah berolah raga, dan belanja. Menu yang ditawarkan juga cukup beragam. Banyaknya warung lesehan memudahkan teman-teman tuk memilik menu apa yang diinginkan. Ada pecel, lontong sayur, nasi kuning, sate padang, sate ayam dan sate kambing, juga masih banyak pilihan lain. Selain makanan besar, juga ada jajanan yang tentu disukai anak-anak, mulai dari siomay, cilok, cimol, otak-otak, tempura, sampai gulali (gula yang dicairkan sampai kental dan dibentuk sesuai yang diinginkan). Harga pun sangat variatif, dan setiap warung lesehan memiliki daftar harga. Sarapan di warung lesehan bisa menjadi pilihan yang menyenangkan bila kita datang secara rombongan bersama keluarga atau teman.

Nah, teman-teman tinggal memilih, aktivtas mana yang sekiranya menarik. Namun, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan. [1] Pertama, untuk area parkir kendaraan bermotor, baik roda 2 maupun roda 4, saya sarankan teman-teman memilih parkir yang terletak di sisi utara Masjid Kampus UGM dan masuk dari arah boulevard. Selain itu, jangan tinggalkan barang berharga di kendaraan ya… sekedar tindakan preventive saja, meski di area parkir juga dijaga beberapa satpam kampus. Untuk tariff parkir resmi, Rp. 1000,- untuk kendaraan roda 2, dan Rp. 2.000,- untuk kendaraan roda 4.
[2] Kedua, bawa uang secukupnya saja. Hal ini menghindari teman-teman dari pemborosan. Maklum, dengan melihat aneka ragam barang dengan harga special, kadang kita tidah terkendali membeli ini dan itu… sampai tidak terasa pengeluaran kita berlebihan. Tidak ada salahnya juga menawar terlebih dahulu harga barang yang akan kita beli. Khusus untuk makanan di warung lesehan, tidak ada salahnya juga kita melihat daftar menu dan harga sebelum memesan makanan kita. [3] Ketiga, menjadi warga yang peduli akan kebersihan lingkungan tentu tidak ada ruginya kan? Jadi, mohon teman-teman tetap menjaga kebersihan selama berada di kawasan Sunday Morning UGM dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kebersihan menjadi tanggung jawab kita bersama teman… :)

Di kawasan pasar Sunday Morning ini, kita juga bisa melihat pertunjukan music dengan peralatan sederhana. Beberapa seniman juga kerap menghibur sembari kita menikmati sarapan pagi. Jangan salah sangka dulu teman, memang wajah-wajah seniman yang biasa kita sebut pengamen itu terlihat muda dengan penampilan yang sopan. Mereka tak lain teman-teman kita yang juga kuliah di beberapa kampus di kota Jogja. Tak jarang juga group paduan suara ikut mengamen dan tentu saja sangat menghibur. Kita bisa request lagu apa yang ingin kita dengar, dan tak jarang mereka membawa buku berisi lagu-lagu yang bisa kita pilih. Cukup menarik bukan… ^_^

Bagaimana teman, tertarik untuk menikmati Minggu pagi di seputaran Kampus UGM… silahkan saja datang, bersama teman-teman atau keluarga pasti akan lebih mengasyikkan. Bisa menjadi hiburan yang murah meriah tuk mengisi hari Minggu kita sebelum esoknya mulai dengan rutinitas pekerjaan. Tidak ada salahnya juga untuk teman-teman yang akan berkunjung ke kota Jogja memilih akhir pekan untuk bisa menikmati Sunday Morning di UGM ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar