Jumat, 07 Januari 2011

Jogja Kota Pelajar… Jogja Kota Buku



Jogja dengan serentetan predikatnya, mulai dari Kota Pelajar, Kota Gudeg, Kota Budaya, Kota Pendidikan, sepertinya akan memiliki predikat baru dengan sebutan Jokotabu alias “Jogja Kota Wisata Buku’. Bagaimana tidak, jika dalam satu tahun Jogja bisa menyelenggarakan belasan pameran buku.



Gambar 1. Gerbang Masuk Pameran Buku dengan tajuk ‘Jokotabu’, dan panggung Taman Sari

Seperti di awal tahun 2011 ini, bersama Pemkot Yogyakarta, Pemkab Sleman dan didukung oleh IKAPI, JTC (Jogja Tanggap Cepat) dan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Yogyakarta menggelar pameran buku 300 penerbit nasional “GREBEG BUKU JOGJA #2” dengan teman “menuju JOgja KOta wisaTA BUku-JOKOTABU” pada Kamis (30/12/2010) hingga Rabu (5/1/2011) di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama Jl Laksda Adisucipto No 88 Yogyakarta.


Gambar 2. Beberapa tema yang terdapat di tiap ruang pameran

Pameran buku kali ini cukup unik, karena terdiri dari beberapa tema di tiap ruangnya. Seperti ‘Stasiun Tugu Stasiun Buku’, ‘Beteng Vredeburg’, dan ‘Pasar Buku Bringharjo’. Stand yang ada juga tidak hanya stand buku saja, ada stand pakaian, stand asesoris, stand kerajinan, serta stand makanan. Selain itu juga terdapat panggung baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan yang digunakan sebagai tempat beberapa aktivitas lain seperti bedah buku, dialog, maupun pementasan.


Gambar 3. Beragam stand yang terdapat dalam ‘Grebeg Buku’

Pameran semacam ini memang sering diselenggarakan di Kota Jogja. Selain pameran buku, juga ada pameran computer dan pameran fashion. Dinamika masyarakat jogja dan banyaknya pelajar di kota ini menjadikan pameran selalu ramai dengan pengunjung. Karena selain menawarkan harga yang jelas bersaing disbanding hari biasa saat tidak pameran, pengunjung juga merasa terhibur dan menjadikan pameran sebagai wisata rekreasi yang murah meriah.


Antusiasme pengunjung dengan buku yang di jual dengan harga sangat terjangkau. Setelah lelah mengunjungi banyaknya stand, duduk sejenak di ‘rest area’ atau mengunjungi stand makanan bisa menjadi pilihan pengunjung

Penulis & Fotografer by Inayatul Ilah

Artikel terkait :
Grebeg Buku Jogja #2 Menuju Jogja Kota Wisata Buku
http://www.pkpu.or.id/news/grebeg-buku-jogja-2-menuju-jogja-kota-wisata-buku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar