Kamis, 08 November 2018

Seminar Hasil dan Penutupan Program Magang Tahun 2018

Pembukaan kegiatan Seminar Hasil dan Penutupan Program Magang Dosen
oleh Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A.
Hari ini, kami Dosma ITB berada di Denpasar, Bali tepatnya di Grand Istana Rama untuk kegiatan Seminar Hasil dan Penutupan Program Dosma 2018. Kegiatan dibuka oleh Direktur Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi,  Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A. Selanjutnya adalah pemaparan Laporan Hasil Magang dari masing-masing Dosma dari PT Pembina. Dimulai dari presentasi seminar hasil oleh Dosma IPB, Dosma UNPAD, Dosma ITB, kemudian istirahat sholat dan makan malam. Setelah itu kembali dilanjutkan seminar hasil dari Dosma UGM, UNAIR, UNESA,  PNJ dan terakhir oleh Dosma UM. 
Presentasi Hasil Magang dari Dosma ITB

Presentasi Hasil Magang dari Dosma IPB
Dalam Pemaparan Laporan Hasil Magang tersebut masing-masing Dosma dari PT Pembina memaparkan apa saja yang sudah didapat selama magang, baik dari sisi pengelolaan dan manajemen program studi, serta kegiatan tri dharma. Ada juga beberapa Dosma yang juga menyampaikan kegiatan pendukung selain kegiatan dan materi inti yang diterima. Kegiatan pendukung diantaranya mengikuti workshop atau seminar, ikut pelatihan AA dan Pekerti, serta kegiatan travelling atau jalan-jalan dan kunjungan industri ke beberapa destinasi. Untuk sesi pertanyaan ini, hanya dibuka untuk dua penanya saja karena keterbatasan waktu. Untuk kegiatan lanjutan, akan ada kegiatan sharing session di esok hari yang rencananya akan dibagi dalam tiga topik besar yaitu:
(1) Pengelolaan institusi 
(2) Pengembangan penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan dan Kemahasiswaan
(3) Pengembangan penerapan Tri Dharma Perhuruan Tinggi : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Dari sharing session dan diskusi tersebut, kemudian akan dirumuskan dan dipresentasikan. Hasil ini nantinya diharapkan menjadi strategi minimal yang akan diterapkan di perguruan tinggi asal peserta Dosma 2018. 
Kegiatan ini berlangsung tanggal 08 - 10 November 2018, dan kemudian para peserta Dosma akan kembali ke daerah asalnya masing-masing.

Hasil Liputan dari kegiatan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar