Selasa, 25 Desember 2018

Tsunami Selat Sunda & Penelitian Tentangnya

Letusan Gunung Anak Krakatau pemicu Tsunami Selat Sunda
Sumber foto: https://goo.gl/images/mqHMeX

Sebelumya, saya sampaikan turut berbela sungkawa dan berduka atas musibah tsunami di Selat Sunda (Pandegelang Banten dan Lampung). Tsunami  menghantam kawasan Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam. Hingga Senin (24/12), berdasarkan catatan BNPB, setidaknya 429 orang meninggal, dan 150an hilang, sementara 16.000 lebih orang menjadi pengungsi.
Kabar tentang musibah ini tersebar begitu cepat, begitu juga dengan share via WA berupa foto dan video tentang kejadian tersebut. Diantara banyaknya share info kejadian bencana tsunami ini, ada juga yg share tentang hasil penelitian terkait kejadian ini... Dan menariknya, penelitian ini sudah dilakukan beberapa tahun lalu baik oleh peneliti asing maupun Indonesia. Salah satu hasil penelitian yg banyak di share adalah artikel milik Giachetti, dkk (2012). Saya sendiri, kira2 ada empat group WA yg membagikan artikel tersebut. Bagi saya pribadi membaca artikel ini memberi ilmu khususnya tentang tsunami Selat Sunda. 
Memang ini bukan bidang ilmu saya, dan terlebih artikel asli milik Giachetti, dkk tersebut diterbitkan oleh Geological Society of London yang sifatnya berbayar, (lihat catatan) tentu tidak sembarang orang bisa dan ingin mengakses. Ini saya tahu dari share seorang guru saya di ITB Pak Dasapta Erwin Irawan. Beliau lebih detail meringkas tentang penelitian terkait kejadian tsunami ini, baik dari hasil penelitian orang Indonesia, maupun orang luar. Bisa disimak di tautan berikut
Catatan: melalui blog-nya beliau merevisi bahwa ternyata artikel ini open access, beserta link tautannya juga tersedia di blog beliau. 
Dari ulasan singkat yang disampaikan beliau dalam blog pribadinya, jelas bahwa  ternyata sudah banyak yang menulis dan meneliti tentang Tsunami Selat Sunda. Saya sengaja simpan tulisan ini di blog karena bersyukur bisa mendapat ilmu baru. 

Suasana kawasan pemukiman penduduk di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan yang hancur akibat tsunami, Minggu (23/12) malam.
Sumber foto: https://goo.gl/images/A4HJZX

Beberapa video berita Tsunami Selat Sunda:
* Tsunami di Selat Sunda Pertama Terjadi di Indonesia, dipublikasikan pada 24 Desember 2018, Kompas TV
Tsunami Pandegelang dan Lampung, 43 orang Meninggal dunia, dipublikasikan pada 22 Desember 2018
* Potensi Tsunami Selat Sunda, dipublikasikan 24 Desember 2018, CNN Indonesia
* Tsunami Terjang Selat Sunda, dipublikasikan pada 24 Desember 2018, CNN Indonesia
* Pantauan Udara di Wilayah Terdampak Tsunami, dipublikasikan pada 23 Desember 2018, SCTV Liputan 6 Pagi
* Dialog - Longsor anak Krakatau Picu Tsunami Selat Sunda (1), dipublikasikan pada 24 Desember 2018, Kompas TV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar