Senin, 03 Desember 2018

Seminar Hasil Penelitian Hibah Ristekdikti dan Penelitian Mandiri Tahun 2018


 

3 Desember 2018 bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung Rektorat USTJ berlangsung Seminar Hasil Penelitian Hibah Ristekdikti dan Penelitian Mandiri Tahun 2018. Panelis yang mempresentasikan hasil penelitiannya adalah:
  • Moh. Irjii Matdoan, ST., MT., dengan judul : Sistem Informasi Pembelajaran Identifikasi dan Pengenalan Dini Bahasa Suku Sentani Berbasis Kearifan Lokal. (Hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP))
  • Alfred B. Alfons, ST., MT., dengan judul: Analisis Kebutuhan Tempat Penampungan Sampah Sementara di Distrik Sentani Kabupaten Jayapura (PDP)
  • Musfira, ST., M.Si., dengan judul : Penataan Permukiman Kumuh yang Berkelanjutan di Kelurahan Gurabesi Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura (PDP)
  • Dr. Ir. Jusuf Haurissa, MT., dengan judul: Briket Sarang Lebah Berbahan Dasar Limbah Sagu (Ampas Sagu) sebagai Bahan Bakar Alternatif Pengganti Minyak Tanah. (Penelitian Mandiri 2018)
  •  Marnala Sitorus, ST., MT., dengan judul : Pelaksanaan Pembangunan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Pada Komunitas Adat di Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua. (Hibah Penelitian Disertasi Doktor).
Dr. Ir. Jusuf Haurissa, MT., saat memberikan sabutan dan arahannya dalam kegiatan Seminar Hasil Penelitian Hibah Ristekdikti dan Penelitian Mandiri 2018 
Sebelum para panelis mempresentasikan hasil penelitiannya, Dr. Ir. Jusuf Haurissa, MT. selaku ketua LPPM USTJ memberikan sambutan dan arahan beliau tentang keterbaharuan dari sebuah topik penelitian. Beliau menyampaikan Ada dua hal penting yang harus ada dalam sebuah penelitian dan bisa menaikkan nilai sebuah penelitian yakni 'penemuan' serta 'inovasi'. Beliau menyampaikan harapannya kepada seluruh Bapak Ibu Dosen yang hadir agar dalam melakukan penelitian selalu memperhatikan kedua hal tersebut. 

Para panelis mempresentasikan hasil penelitian dalam lima slide power point, serta poster dengan ukuran 70 x 70 cm yang sudah dicetak benner. Dalam presentasi seminar hasil yang diselenggarakan oleh LPPM USTJ ini juga dihadiri oleh dosen-dosen USTJ. Usai presentasi dari setiap panelis, dilakukan sesi tanya jawab maupun pemberian saran. Kegiatan seminar ini dilakukan sebagai bentuk sosialiasasi dari hasil penelitian yang sudah dilakukan khususnya untuk penerima hibah Ristekdikti sehingga diharapkan mampu memberi semangat bagi dosen-dosen lain untuk bisa mengikuti hibah ini di tahun-tahun berikutnya. Selain itu, dengan seminar internal di lingkungan USTJ ini, diharapkan para panelis sudah lebih siap untuk kegiatan monev eksternal yang biasanya dilakukan bersama asesor dari Dikti di pertengahan Bulan Desember.



Semoga sukses menyertai Bapak/Ibu penerima hibah Ristekdikti, dan terima kasih untuk LPPM yang sudah mengadakan kegiatan ini. 

2 komentar:

  1. Terima kasih ibu Inaya beritanya dengan ulasan yang sangat bagus ....punya bakat wartawan juga. Mantap

    BalasHapus
  2. According to Stanford Medical, It's indeed the SINGLE reason women in this country live 10 years more and weigh 42 lbs less than we do.

    (And actually, it is not related to genetics or some secret exercise and EVERYTHING related to "HOW" they are eating.)

    BTW, What I said is "HOW", and not "what"...

    CLICK on this link to reveal if this short questionnaire can help you decipher your real weight loss potential

    BalasHapus