Rabu, 30 Desember 2009

Melihat Ekskavasi Candi di UII, Mulai Terlihat Lantai yang Unik

Senin, 28 Desember 2009 Saya mendapat kesempatan berharga untuk melihat langsung proses ekskavasi candi di UII, karena kebetulan seorang teman ikut langsung dalam proses perancangan Gedung Perpustakaan Pusat UII. Setelah mendapat ijin dari Dosen saya Bapak Ahmad Syaifuddin Muttaqi (Pak Uut, terima kasih banyak), saya pun datang ke lokasi ekskavasi.
Hujan beberapa hari sebelumnya ternyata memberi dampak yang cukup membuat para pekerja dan tenaga ahli dari BP3 harus bekerja ekstra lebih keras, karena di beberapa blok galian tergenang air. Saya tiba di lokasi sekitar pukul 13.30 wib, setelah melihat proses ekskavasi dari bagian atas (di atas batas penggalian), saya turun ke lokasi penggalian dan melihat proses serta temuan terbaru. Salahs atu temuan baru adalah lantai yang letaknya ada di blok selatan tempat arca ganesha dan lingga-yoni ditemukan. Lantai ini termasuk unik karena tidak hanya berupa batuan balok biasa, tetapi ada tonjolan-tonjolan berbentuk lingkaran dengan posisi yang tidak teratur. Dari tim BP3 sendiri masih belum mengetahui makna dari temuan terbaru berupa lantai yang terdapat tonjolan ini, karena di candi-candi lain tidak ditemukan karakter seperti ini. Hal ini lebih menguatkan bahwasannya temuan candi di Kampus UII Yogyakarta ini benar-benar unik.
Berbagai Temuan selama Proses Ekskavasi Candi di Kampus UII sampai dengan tanggal 28 Desember 2009

Saya sempat berbincang dengan salah seorang tim ekskavasi Bapak Budi, beliau mengatakan bahwa temuan arca Ganesha dan Lingga-Yoni masih belum lengkap, karena pada umumnya keberadaan arca tersebut dilengkapi dengan beberapa arca lain yakni arca Durga (menghadap utara) dan arca Agastya (menghadap selatan).Namun dalam proses ekskavasi sejauh ini masih belum menemukan dimana arca-arca tersebut berada, ada kemungkinan arca tersebut terbawa lava merapi, atau justru berada di sisi luar dinding candi dan berada dalam cerukan. Seperti arca durga pada dinding bangunan utara Candi Gedong III yang letaknya dalam salah satu relung.
Dalam salah satu relung pada dinding bangunan utara Candi Gedong III terdapat Arca Durga bertangan delapan dalam posisi berdir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar