Sabtu, 19 Februari 2011

Pelatihan Dasar Guiding - Vulcano Tour

Senin 14 Februari 2011, bertempat di rumah Pak Naryono, Karanggeneng terselenggara Pelatihan Pemandu Wisata yang difasilitasi oleh OKP (Organisasi Kepemudaan Propinsi) bekerjasama dengan Voulcano Tour.  Vulcano Tour sendiri merupakan Pengelola Wisata Erupsi Merapi yang beberapa waktu lalu bernama Lava Tour. Pada kesempatan ini, pelatihan diikuti oleh 20 peserta dari Desa Kepuharjo, Umbulharjo, dan Wukirsari. Pelatihan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam hal ini para pemandu wisata. 
Sebuah kehormatan untuk saya dapat ikut memberi kontribusi pada kesempatan ini. Pelatihan dibuka dengan materi yang saya sampaikan tentang Pengantar Pariwisata yakni pentingnya memberi wacana kepada masyarakat khususnya para pemandu wisata di sekitar Voulcano Tour  bahwa pariwisata merupakan sektor yang sangat menjanjikan bagi perekonomian masyarakat setempat. Kebutuhan akan adanya pemandu wisata menjadi demand yang tidak terelakkan dengan adanya Wisata Erupsi Merapi ini. 
Pada pelatihan ini juga dipaparkan hal-hal yang berkaitan dengan teknis menjadi seorang guide atau pemandu wisata yang baik. Untuk materi teknis guiding disampaikan oleh Ema Rahmawati, SE., MPar. dari PAPTA (Paguyuban Pemandu Perjalanan Wisata) Yogyakarta. Memberi bekal berupa materi tentang bagaimana menjadi pemandu wisata yang baik dan komunikatif merupakan dasar yang sangat dibutuhkan. Pada pelatihan ini juga diberikan materi tentang performa atau penampilan seorang pemandu wisata mampu memberi kesan yang baik kepada wisatawan. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu memberi motivasi dan pengetahuan kepada para pemandu wisata Vulcano Tour agar semakin baik dalam menjalankan tugasnya. 
Harapan dari seluruh peserta pelatihan guiding ini, ada tindak lanjut untuk keberlangsungan profesi mereka. memiliki sebuah paguyuban sendiri bagi para pemandu wisata juga menjadi impian mereka. Bersama-sama  Vulcano Tour dan OKP semoga harapan ini dapat terwujud dan memberi kontribusi bagi perekonomian masyarakat Umbulharjo dan sekitarnya.
Red&Photo_Inayatul Ilah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar