Selasa, 16 Agustus 2011

Lomba PANAH Tradisional PAPUA

Satu lagi atraksi yang menjadi daya tarik keunikan pariwisata tanah Papua. Selain beragam keindahan alam dan tradisi budaya yang kental, dalam mempromosikan pariwisatanya ada beberapa festival yang rutin diselenggarakan, seperti FDS (Festival Danau Sentani), Festival Port Numbay, Festival Lembah Baliem, dan masih banyak lagi festival serta pertunjukan seni lainnya. Kali ini Papua menyuguhkan atraksi wisata berupa perlombaan yang tentunya menarik minat wisatawan juga untuk berkunjung... Lomba Panah Tradisional Papua.
LOMBA PANAH TRADISIONAL. Sejumlah warga bersiap melepaskan anak panah ketika mengikuti lomba panah tradisional di Distrik Kwamki Lama-Timika, Kab. Mimika, Papua, Sabtu (13/8). FOTO ANTARA/Husyen Abdillah/ss/Spt/11 
Hari gini masih pakai Panah??? Hm.. kalau gak di Papua, dimana lagi kita bisa lihat atraksi menarik seperti ini. Meskipun senjata tradisional, namun panah memiliki histori dan keunikan tersendiri. diselenggarakan di Distrik Kwamki Lama- Timika, Kab. Mimika, pada Sabtu (13/8/11) yang lalu, ratusan warga Papua dari berbagai desa mengikuti lomba ini. Lomba panah ini merupakan salah satu bentuk warga Kwamki Lama untuk memperingati HUT RI yang ke-66. Kalau biasanya panah dan tombak di gunakan sebagai senjata tradisional saat perang suku, kali ini segi positif ditampilkan melalui lomba panah yang diselenggarapak oleh Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) Kabupaten Mimika bekerja sama dengan dengan Panitia Pengembangan Olahraga Prioritas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). 

Menurut Syamsul Qomar selaku Ketua Panitia Pengembangan Olahraga Prioritas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), “Lomba ini merupakan ciri khas budaya dari masyarakat yang selama ini dijalani, sehingga diangkat menjadi sebuah perlombaan, karena ternyata mendapat simpati dari masyarakat juga,” Kwamki Lama, Timika, Sabtu (13/8).

Selain untuk memperingati HUT RI, dengan adanya Lomba Panah ini diharapkan juga mampu memanfaatkan potensi budaya menjadi olah raga yang memiliki nilai positif.  Perlombaan panah ini akhirnya dimenangkan oleh Niko Tinal, yang mampu menyedot perhatian penonton dengan memanah tepat sasaran dalam jaran 50m.

Wah..memang luar biasa ya budaya nusantara kita.. Papua yang kaya akan budaya dan tradisi. Semoga tanah Papua bisa maju karna budaya dan aneka potensi wisatanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar